Cara Ampuh Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini

Walaupun tidak bisa disembuhkan secara total, penyakit jantung masih bisa untuk dicegah. Tindakan pencegahan ini akan membantu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler. Untuk lebih mengetahui dan memahami tentang pengobatannya, anda bisa berkunjung ke  Dokter spesialis Jantung terdekat dan terpercaya.

Cara Mencegah Penyakit Jantung

1. Rutin Berolahraga dan Menjaga Pola Makan

Olahraga bila dilakukan secara rutin akan mendatangkan manfaat bagi tubuh. Selain menjaga kebugaran dan membentuk tubuh menjadi lebih baik, olahraga juga mampu menurunkan kolesterol. Tak hanya itu, olahraga juga bisa menjaga tekanan darah agar selalu stabil. Tak perlu waktu lama, olahraga ideal hanya perlu sekitar 30 menit dalam sehari.

Tak hanya dengan olahraga rutin saja, pencegahan penyakit jantung lainnya adalah dengan menjaga pola makanan. Makanan adalah jenis obat yang anda konsumsi setiap hari. Sehingga makanan yang anda makan akan menentukan tingkat kesehatan anda. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi gula dan garam. dan perbanyak buah, sayur dan kacang kacangan.

2. Menghindari Stres Berlebihan, Rokok dan Alkohol

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah karena tingkat stress yang tinggi. Untuk menghindarinya maka kemampuan mengelola emosi dengan baik harus dilakukan. Berkonsultasi dengan orang terdekat atau meminta bantuan konsultasi kepada Spesialisasi dokter jantung akan membantu anda menurunkan resiko penyakit jantung kronis.

Tak hanya itu, mengurangi penggunaan rokok dan konsumsi alkohol juga hal yang penting untuk dilakukan. Rokok dan alkohol dapat memicu tekanan darah semakin tinggi dan berpotensi merusak pembuluh darah.Tak hanya untuk perokok aktif, tetapi juga perokok pasif. Hal ini tentu akan memicu penyakit jantung semakin cepat.

3. Rutin Melakukan Check Up

Penyakit jantung biasanya ditandai dengan munculnya penyakit kolesterol dan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu tindakan pencegahan dengan cara melalukan pengecekan secara rutin bisa anda lakukan. Tekanan darah dikatakan normal bisa masih di batas angka di bawah 120/80 mmHg.

Untuk kadar kolesterol dalam darah normalnya adalah berada pada angka kurang dari 200 mg/dl. Bila saat melakukan pengecekan, kolesterol anda berada pada angka 240 mg/dl atau lebih, maka berarti kadar kolestreol anda cukup tinggi. Bila sudah timbul beberapa gejala diatas, hendaknya perlu diwaspadai.

4. Pengobatan Penyakit Jantung

Dalam kasus tertentu, perubahan gaya hidup dan pengaturan pola makan saja belum cukup. Penyakit jantung yang bisa menyerang siapa saja ini hanya bisa di turunkan resikonya melalui penanganan medis yang tepat. Obat medis yang diberikan spesialisasi dokter jantung yang rutin diminum akan banyak membantu dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Selalu menjaga pola hidup sehat dan berfikiran positif akan banyak membantu dalam pengobatan medis yang dilakukan. Sebelum melakukan tindakan pencegahan, ada baiknya anda memahami apa itu penyakit jantung dan dokter yang menangani. Lebih jelasnya anda bisa mengunjungi website https://heartology.id/