Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Bayi Yang Aman dan Mudah di Coba

Tidak semua bayi yang baru lahir memiliki rambut yang tebal, bahkan kebanyakan bayi memiliki rambut yang tipis atau bahkan tidak memiliki rambut. Berikut ini beberapa tips aman yang bisa membantu menumbuhkan rambut bayi dan aman untuk dilakukan.

1. Minyak kelapa

Minyak merupakan salah satu hasil olahan kelapa yang kaya akan vitamin E. Karena Vitamin E mengandung antioksidan yang baik untuk kulit dan pertumbuhan rambut. Banyak orang yang percaya bahwa vitamin ini dapat memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Untuk mencoba hal ini, ayah dan bunda harus membeli minyak kelapa murni (bukan olahan). Kemudian oleskan sedikit minyak ke kulit kepala bayi, serta diamkan hingga 20 menit. Setelah 20 menit, bilas dengan air hangat agar kepala bayi tetap nyaman.  Dalam sebuah studi dikatakan bahwa minyak kelapa dianggap bermanfaat untuk menjaga protein dalam rambut.

2. Menyisir rambut bayi dengan lembut

Menyisir rambut merupakan hal yang lumrah dan wajar dilakukan oleh setiap orang. Namun, jika dilakukan kepada bayi dengan lembut dan berhati-hati ternyata juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini juga bertujuan untuk membersihkan kotoran atau kerak di kulit kepala bayi. Menyisir rambut juga dapat meningkatkan serta memperlancar sirkulasi darah ke kepala dan rambut.

3. Rutin keramas

Banyak orang tidak menyadari bahwa keramas merupakan salah satu hal yang dapat merangsang pertumbuhan rambut bayi. Tidak hanya bertujuan untuk membersihkan kulit kepala dan kotoran serta kerak pada kepala bayi. Kebiasaan ini juga dapat merangsang pertumbuhan rambu pada bayi. Untuk keramas sendiri, lebih dianjurkan untuk menggunakan air hangat dan sampo khusus untuk bayi, serta lakukan hal ini setiap 2-3 hari sekali.

4. Gunakan handuk yang lembut

Setelah memandikan atau mengkeramasi bayi, dianjurkan untuk menggunakan handuk yang sangat lembut. Karena handuk yang kasar dapat merusak folikel rambut dan merontokkan rambut bayi.

5. Memijat kepala bayi

Memijat kepala bayi harus dilakukan secara perlahan, agar dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga pertumbuhan rambutnya pun dapat terangsang dengan maksimal. Selain itu, gunakan juga minyak yang mengandung banyak vitamin E seperti minyak kelapa tadi saat memijat kepala bayi.